Cara Buat Plugin Jetpack Ringan Di WordPress

Cara Buat Plugin Jetpack Ringan Di Wordpress
Cara Buat Plugin Jetpack Ringan Di Wordpress

Plugin Jetpack merupakan plugin yang sangat berguna bagi seluruh pengguna platform wordpress. Plugin ini dapat membantu pengembang web untuk berbagai macam kebutuhan seperti CDN Gambar, Mempercepat website, Backup Database, Proteksi SPAM, Pemindai Malware dan fitur-fitur yang berguna lainnya.

Walapun plugin ini dikatakan sangat berguna, tapi ternyata plugin ini juga dapat membebani server website kita, apalagi kalau kamu menggunakan shared hosting pasti akan terasa berat sewaktu digunakan, nah maka dari itu kami akan mengajarkan kamu nih cara buat plugin jetpack ringan di wordpress sehingga plugin jetpack tidak akan membebani kinerja server kamu.

Cara Buat Plugin Jetpack Ringan Di WordPress

Untuk membuat plugin jetpack ringan di wordpress sewaktu digunakan dan tidak memberatkan server hosting kita, ada beberapa cara yang dapat kami berikan, berikut caranya.

1. Login Dan Masuk Ke Dashboard WordPress Kamu.

Langkah pertama kamu login dan masuk ke dashbiard wordpress kamu.

dashboard jetpack

Kemudian di menu dashboard wordpress kamu kelik dasbor plugin jetpack.

Baca Juga: Cara Menggunakan ModSecurity Di cPanel Terbaru
debug jetpack

Selanjutnya kamu gulir menu kebawah, dan nantinya kamu akan menemukan fitur menu debug jetpack, disini kamu kelik menu debug jetpack.

akses daftar modul

Kemudian kamu cari teks “Akses daftar lengkap modul Jetpack yang tersedia pada situs Anda” kalau sudah ketemu kamu klik.

matikan fitur yang tidak dipakai

Di menu modul kamu bisa mencentang modul yang aktif, nantinya kamu akan melihat fitur apa saja yang diaktifkan oleh plugin jetpack, dibagian ini kamu tinggal menentukan beberapa fitur plugin jetpack yang ingin kamu gunakan.

Kalau saya hanya perlu lazy images, API Json, CDN Aset, CDN Gambar, Formulir kontak, kalau kamu tidak membutuhkan beberapa modul lain kamu bisa mengklik nonaktifkan untuk mematikan modul plugin jetpack.

Bagaimana Kalau Sudah Mematikan Modul Fitur Plugin Jetpack Tapi Blog Tetap Terasa Lambat?

Faktor kecepatan blog tidak hanya melalui plugin saja, bisa jadi server hosting kamu emang kecepatannya kurang, kalau dari sisi hosting kamu bisa mengganti hosting yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Mengirim File Lewat Gmail Di Laptop Atau PC

Apakah Ada Tips Lainnya Agar Blog Lebih Cepat Sewaktu Di Akses?

Untuk tips lain sebenarnya ada, kalau kamu membutuhkan saran dari kami, kami hanya bisa menyarankan yang kami ketahui saja berikut saran yang dapat kami berikan.

  • Kurangi Jumlah Pemakian Plugin Yang Berlebihan
  • Perkecil CSS,JS, Dan Rubah Gambar Menjadi WEBP
  • Pakai Cloudflare Dan Gunakan DNS Cloudflare
  • Render JS, Dan Gunakan Plugin WP Fastest Cache, Wp Optimize Dan Plugin Yang Dapat Membantu Mempercepat blog kamu
  • Optimasi Gambar Dan Memperkecil Size Ukuran Gambar
  • Jangan Terlalu Banyak Iklan, Mau Itu Iklan Dari Google Adsense Atau Iklan Lainnya

Nah itu dia beberapa tips agar jetpack ringan sewaktu digunakan di worpress semoga artikel kami ini dapat membantu kamu ya. Sekian dan terimakasih semoga dapat bermanfaat bagi orang lain dan seluruh pembaca blog ini.

Jhon Wick
Bermimpi... dan terus bermimpi... dan akan ada orang yang akan mentertawakan mimpi mu... buktikan kepada mereka... bahwa kita bisa...