6 Cara Membuat Iklan Di Facebook ADS Untuk Pemula

6 Cara Membuat Iklan Di Facebook ADS Untuk Pemula
Cara Membuat Iklan Di Facebook ADS

Di era yang modern ini , tentu kita tidak terlepas dengan dunia digital. Seiring perkembangan zaman saat ini banyak bermunculan para penjual online shop di berbagai platform. Lantas, seperti apakah cara membuat iklan di Facebook ads?

Baik yang menggunakan  marketplace atau sosial media tentu kita akan membutuhkan sebuat promosi agar usaha atau penjualan kita naik dan dilihat oleh banyak orang.  Salah satunya di platform Facebook, tentunya aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik untuk membantu para penjual mempromosikan usaha dan produk jualannya agar bisa dilihat dan dijangkau lebih banyak orang.

Cara efektif berjualan di era digital ini adalah dengan memanfaatkan fitur -fitur yang ada di facebook ads dengan mempelajari strateginya agar tidak boncos saat memasang budget harian iklan.

cara membuat iklan yang menarik di facebook pun tidaklah begitu sulit, kamu hanya perlu mendaftar dan membuat strategi yang kamu inginkan ingin bagaimana, maka pihak facebook yang akan mengerjakan semuanya yang penting kamu tinggal bayar sesuai target yang kamu ingin jangkau.

Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads Berbayar

fb ads
Fb Ads Ilustarasi By mohamed_hassan

Berikut tips cara membuat iklan di Facebook ADS yang dikenal dengan 6M. Mari kita simak penjelasannya

1. Menentukan Kategori Iklan

Menentukan kategori iklan adalah hal yang sangat utama untuk membuat iklan anda berjalan dengan optimal. Dalam hal ini Facebook sudah  menyediakan tiga kategori yaitu awareness, pertimbangan dan konversi.

Baca Juga: 5 Warung Mie Aceh Enak di Jakarta

Dengan mengikuti kategori berikut tentu sasaran jangkauan pemirsa lebih tepat dan cara membuat iklan yang menarik di facebook lebih terjamin.

2. Menargetkan Calon Pembeli

Sesudah menentukan kategori iklan, langkah selanjutnya menargetkan calon pembeli sesuai dengan kriteria produk yang akan kita jual. Semisalnya kita berjualan kosmetik kecantikan maka target pembeli kita adalah perempuan.  Lalu kita tinggal  menentukan usia dan lokasi  sesuai dengan target pasar produk.

3. Mencari Referensi Konten

Setelah mentargetkan calon pembeli sebaiknya kita mencari referensi untuk konten iklan agar terlihat lebih menarik. Iklan dapat berupa foto maupun video yang tentunya harus relevan dengan produk yang kita jual.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengobservasi pasar.  Contohnya produk yang akan dijual adalah sparepart motor, maka visual yang kita perlukan harus berbau otomotif dan perhatikan juga pada judul iklan yang akan kita buat harus relevan seperti “ Jaya auto spare part”. 

4. Memilih Format

Facebook ADS sudah menyediakan 4 format yang dapat kita pilih yaitu gambar, video tayangan slide dan Carousel. Dalam hal ini Kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan  promosi.

Contoh untuk mengekspos produk secara detail kita dapat menggunakan video. Bahkan, untuk pengenalan varian produk kita dapat menggunakan tayangan slide.

Baca Juga: Facebook Ads Manager, Solusi Berbagai Kebutuhan Marketing!

5. Memaksimalkan fitur

Ada 4 fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memantau sejauh mana iklan kita efektif . Dimana lookalike audience yaitu fitur yang memungkinkan anda menjangkau pelanggan baru yang serupa dengan pelanggan anda saat ini.

Conversion tracking, retargeting adalah cara untuk mendapatkan Kembali pelanggan yang pernah berinteraksi dengan anda. Selain itu, custom audience yang dapat didefinisikan sebagai syarat audiens berdasarkan keinginan anda sendiri.

Masing-masing memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, sehingga kita dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Contoh jika kita ingin mengetahui siapa saja yang telah mengunjungi  iklan kita dan menginginkan mereka Kembali berinteraksi dengan brand kita.

6. Mengkonversi

Lalu langkah terakhir yaitu kita menentukan budget yang sesuai dengan produk dan target pasar. Penting untuk kita mengetahui keuntungan dari setiap produk agar kita dapat sisihkan  sebagian dari keuntungan  untuk  menentukan  budget iklan. Tujuannya agar laba dari penjualan dan uang yang kita keluarkan untuk iklan sesuai.

Cara Menghitung Biaya Untuk Campaign Anda

Apakah cara iklan di facebook berbayar? sejauh ini untuk beriklan di fb itu berbayar, dan tidak gratis.

Nah, untuk menggunakan fitur facebook ads tentu kamu herus mengocek sedikit kantong kamu. Namun hal ini tentu dengan tujuan agar semua penjualan kamu semakin banyak dijangkau orang-orang dan peluang untuk terjualnya produk kamu akan lebih banyak. Sehingga tentu tidak masalah jika mengeluarkan sedikit uang demi meningkatkan penjualan yang banyak nantinya.

Singkatnya, apabila anda menggunakan fitur konversi pada iklan anda maka Metric  yang anda pakai adalah Makin rendah CPA Semakin rendah pula nilai konversi, cara menghitung CPA adalah CPA =biaya iklan : konversi

Namun, apabila anda menggunakan  impresi sebagai acuan anda maka yang harus anda perhatikan adalah CPM atau  cost per thousand impression. Impresi dapat Didefinisikan sebagai berapa kali iklan Anda dilihat, maka semakin tinggi  impresi.  

Baca Juga: Cara Mengganti Nomor Telepon Di Gmail

Cara mengukur engagement yang baik terhadap brand anda selain 2 diatas yaitu dengan cara klik.Jumlah klik dapat diartikan dengan seberapa besarnya audiens yang tertarik dengan iklan anda dengan cara melakukan tindakan klik  pada website anda.

Cara menghitung klik yaitu click through rate= Jumlah klik dibagi impresi.

Nah kira-kira seperti itulah cara agar dapat beriklan di Facebook ads agar tidak boncos. Dengan mempelajari Facebook ads bagi para penjual di era  digital seperti saat ini Merupakan hal yang sangat penting mengingat kuatnya Persaingan antar penjual online kini. Dengan mengetahui cara membuat iklan di facebook ads kamu tidak akan kebingungan lagi dalam bagaimana memasarkan produk kamu agar dapat dijangkau lebih luas oleh banyak orang.

Nona Code
Just girl with a big dreams.