Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Bisa Di Terima di Perusahaan Favorit

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Bisa Di Terima di Perusahaan Favorit
Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Bisa Di Terima di Perusahaan Favorit

Dalam mencari pekerjaan di perusahaan favorit seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para pencari kerja. Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang dapat mencuri perhatian dan memperoleh tempat di perusahaan impian?

Dalam dunia yang kompetitif ini, tak hanya kualifikasi dan pengalaman yang menjadi penentu, namun juga kemampuan menyusun surat lamaran yang efektif. Berikut ini, kami akan membahas beberapa tips dan memberikan contoh surat lamaran kerja yang dapat meningkatkan peluang Anda diterima di perusahaan favorit.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja sendiri merupakan surat permohonan resmi untuk bekerja di suatu perusahaan atau lembaga. Biasanya, surat ini disertai dengan beberapa dokumen atau berkas pendukung yang menjadi lampiran.

Baca juga : Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Mencari Pekerjaan, Aman Dan Efektif!

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang benar.

1. Penulisan tanggal dan tempat

Untuk surat lamaran kerja, penulisan tanggal dan tempat diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja. Selain itu, perlu diingat untuk tidak menyingkat apa pun baik dari tempat maupun tanggal.

2. Tujuan surat

Bagian selanjutnya adalah kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima, jangan lupa terlebih dahulu menuliskan kata-kata “yang terhormat” atau “Yth”.

Sebaiknya pelamar kerja sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan. Kemudian di bagian bawah surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

3. Salam pembuka dan pengantar

Setelah itu, buatlah salam pembuka dan kata pengantar. Untuk ucapan salam, sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, seperti “Dengan hormat”.

Kemudian barulah calon pelamar dapat menjelaskan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang tengah dilamar tersebut.

4. Data diri

Berikutnya, jangan lupa menuliskan identitas diri kamu dalam surat lamaran. Adapun informasi yang diperlukan seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat email, dan nomor hp.

5. Pengalaman kerja dan kemampuan

Calon pelamar bisa menjelaskan dengan rinci mengenai pengalaman serta keahlian yang relevan terhadap pekerjaan yang dilamar.

Hal ini sangat penting agar HRD dapat mempertimbangkan apakah kemampuan yang dimiliki pelamar kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, penjabaran singkat mengenai keahlian yang dimiliki juga memungkinkan HRD untuk mengecek sertifikat yang mungkin dilampirkan dalam surat lamaran kerja.

Baca juga : Kursus Online Gratis Bersertifikat di Upskill Cakap

6. Penutup

Penulisan bagian penutup juga harus dibubuhkan ucapan terima kasih karena penerima surat sudah berkenan untuk membaca surat lamaran kerja tersebut.

Kemudian lengkapi surat lamaran kerja dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja tepat di bawah penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Contoh surat lamaran kerja yang menarik secara umum :

Baca juga : 6 Rekomendasi Lowongan Kerja Sampingan Untuk Pelajar

Medan, 5 Desember 2023

Hal: Lamaran pekerjaan
Yth. Pimpinan
PT SUMBER CAHAYA ABADI
Jalan Perintis kemerdekaan No. 15 Kota Medan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial LinkedIn pada 28 Oktober 2023, perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan ini, saya ingin melamar pekerjaan sebagai Sekretaris di perusahaan Bapak/Ibu.

Adapun data diri saya, sebagai berikut:

Nama: Maria Mercedes
Tempat, tanggal lahir: Medan 23 November 1999
Pendidikan terakhir: S-1 Akuntansi
Alamat: Jl. Abadi no. 38 Medan Setia Budi
Telepon: 082261724561
E-mail : SiksaKubur1995@gmail.com

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Sekretaris selama 2 tahun. Saya memiliki keahlian terkait administrasi, mulai dari mencatat kegiatan perusahaan, mengerjakan berbagai macam laporan, membuat notulen, hingga menyimpan dokumen dan arsip.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen:

  1. Daftar Riwayat Hidup/CV
  2. Resume Kerja
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi Bahasa Inggris
  6. Fotokopi KTP
  7. Pas Foto 4×6
  8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Kesimpulan

Perlu diperhatikan bahwa surat lamaran kerja merupakan representasi pertama diri Anda di mata perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk membuatnya menarik sekaligus profesional. Mulailah dengan penulisan yang singkat namun tajam, mencantumkan tujuan Anda, serta alasan mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

Selanjutnya, sampaikan dengan jelas bagaimana kualifikasi dan pengalaman Anda relevan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menyusun surat lamaran yang kreatif dan menggambarkan dedikasi Anda, peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara akan semakin meningkat.

Semoga beruntung!

Penulis : Hafiza Pohan

Mahdalena Putri
Call me Putri. I'm just girl with a big dreams. Simple personality and love to work from home.